Ini Cara Jitu Bikin WhatsApp Terlihat Offline Padahal Online

Ilustrasi WhatsApp Down (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

WhatsApp menjadi salah satu platform aplikasi chat dan panggilan yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan berbagai usia. Meski begitu, beberapa orang memilih enggan menjawab pesan-pesan tertentu hingga akhirnya menonaktifkan akun-nya.

Hal ini bisa berangkat oleh berbagai faktor. Seperti pengguna sedang cuti atau liburan sehingga tidak ingin diganggu, atau mungkin alasan pribadi lainnya. Namun pada saat bersamaan, terkadang pengguna harus tetap siaga dengan WhatsApp jika terdapat pesan atau panggilan penting yang mendadak.

Situasi tersebut tentunya menjadi dilema tersendiri untuk menonaktifkan akun WhatsApp. Jika dihadapkan dengan kondisi seperti ini,seharusnya pengguna tidak perlu risau, karena WhatsApp (WA) mempunyai fitur yang bisa membuat pengguna terlihat offline meski sebenarnya sedang online.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk terlihat offline padahal sedang online di WhatsApp:

1. Ubah Opsi Last Seen
Last Seen merupakan fitur untuk memberitahu kontak kapan terakhir kali pengguna menggunakan WhatsApp, termasuk sedang online. Kamu bisa mematikan fitur ini untuk terlihat sedang offline.

Cara menonaktifkannya adalah dengan menyentuh ikon tiga titik di sudut kanan atas, pilih Settings dan akun berikutnya klik Privasi. Pada menu Who Can See My Personal Info, klik Last Seen dan pilih Nobody. Opsi tersebut untuk semua orang, pada kontak yang disimpan atau tidak.

2. Matikan Centang Biru

Dengan tanda centang biru membuat kamu terlihat sudah membaca pesan yang dikirimkan. Berikut cara mematikannya:

Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp

Pilih Setting

Tekan Akun > Privasi

Geser toggle untuk pilihan Laporan Dibaca atau Read Receipts

Centang biru sudah non-aktif

3. Sembunyikan Status

Untuk tampil offline, kamu juga bisa menyembunyikan status. Yakni mengatur siapa saja yang bisa melihatnya. Caranya tekan opsi titik tiga di bagian kanan atas > Privasi > Status.

Berikutnya kamu akan melihat pilihan pada siapa Status dibagikan, ada “Kontak Saya”, “Kontak Saya Kecuali…”, dan “Hanya Bagikan Dengan…”. Pilih sesuai yang diinginkan.

4. Buat Status

Selain menyembunyikannya, kamu juga bisa membuat status yang menyatakan untuk tidak diganggu selama dalam jangka waktu tertentu. Caranya buka menu ikon tiga titik > Settings > nama profil WhatsApp > About.

Setelah itu klik ikon pensil, dan tuliskan status untuk memberitahu orang lain jika akun tersebut akan offline dalam waktu tertentu. Terakhir jangan lupa klik Save.

5. Matikan Background Data

WhatsApp bekerja di background dan membuat kamu terus menerima pesan. Kamu bisa mematikan Background Data untuk menghindari ini, tetapi perlu diingat cara ini hanya berlaku untuk Android.

Cara untuk menonaktifkannya adalah dengan membuka Settings, berikutnya buka opsi data, dan pilih nonaktifkan Background Data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*