Laba Emiten Minyak Bakrie Naik 72%, Padahal Penjualan Jeblok

Malacca Strait PSC, doc.EMP

Emiten bidang eksplorasi dan perdagangan migas milik Grup Bakrie, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mencatat kenaikan laba bersih sepanjang kuartal I tahun 2023 melonjak 72% menjadi US$ 17,4 juta dari periode yang sama tahun 2022 yang sebesar US$ 10,2 juta.

Mengutip laporan keuangannya, ternyata kenaikan laba bersih tersebut disebabkan oleh beban pajak penghasilan bersih yang turun 47,14% sepanjang kuartal I tahun 2023 menjadi US$ 11,86 juta dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar US$ 22,44 juta.

Sehingga, hal itu dapat menutupi penjualan bersih perseroan yang turun sebesar 8% menjadi US$ 102 juta hingga 31 Maret 2023 secara tahunan dari US$ 112 juta pada kuartal I tahun lalu.

“Penurunan tersebut terjadi karena penurunan produksi gas dan harga jual minyak yang lebih rendah,” tulis manajemen, dikutip Selasa (2/5).

Produksi gas Perseroan turun sebesar 25% dari 211 juta kaki kubik gas per hari dari kuartal I-2022 menjadi 157 juta kaki kubik gas per hari pada kuartal I tahun 2023z

Selanjutnya fluktuasi harga minyak dunia juga berdampak terhadap penurunan harga jual minyak perseroan yang sebesar US$ 79,23/bbl di kuartal I-2023, dibandingkan dengan harga jual minyak yang tinggi di level US$103,40/bbl di kuartal I-2022.

Produksi gas yang lebih rendah tersebut disebabkan oleh dua faktor utama. Pertama, penurunan produksi gas dari aset Kangean dikarenakan kontrak jual beli gas yang sedang dalam proses pembaruan dengan para pembeli di Jawa Timur.

“Setelah proses pembaruan kontrak jual beli gas tersebut diselesaikan, diharapkan produksi gas dari Kangean akan meningkat secara bertahap,” tulisnya.

Kedua, penghentian sementara atas produksi gas dari aset gas Sengkang sambil menunggu penyelesaian perpanjangan dan pembaruan kontrak jual beli gas dengan pembeli di Sulawesi.

Kontrak jual beli gas untuk Sengkang sudah diselesaikan. Sengkang telah memulai kembali produksi gasnya, dan pasokan gas dari Sengkang diharapkan akan meningkat di kuartal II-2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*