Nih! Sosok Calon Presiden RI Idaman Investor Asing

Capres Prabowo, Ganjar dan Anies, Siapa Paling Kaya?

Jelang pemilihan presiden tahun depan, nama-nama calon telah bermunculan. Terlebih lagi, beberapa partai telah mengumumkan dukungannya terhadap sosok pilihan, di antaranya Anies Baswedan yang didukung Partai Nasdem dan Ganjar Pranowo dari PDIP.

Masyarakat tentunya akan menentukan pilihannya sendiri. Demikian pula, para investor di Tanah Air. Mereka tentunya memiliki calon idamannya sendiri.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku seringkali bertemu dengan investor asing dalam beberapa waktu terakhir. Dia bercerita, banyak investor bertanya siapa Presiden Indonesia selanjutnya.

“Dalam hal PMA ini tingkat kepercayaan mereka ke Indonesia tinggi sekali, terutama di periode Jokowi, mereka nanya the next pak Jokowi siapa,” terangnya dalam konferensi pers, dikutip Selasa (2/5/2023).

Menurut Bahlil, investor menginginkan calon berikutnya seperti Presiden Jokowi agar kebijakan hilirisasi dijalankan dengan konsisten. Nikel sudah dijalankan, dan selanjutnya adalah tembaga dan bauksit.

“Mereka ingin Presiden yang konsisten terutama hilirisasi,” tambahnya. Seperti diketahui, hilirisasi Indonesia telah membuahkan hasil yang positif.

Data Kemenperin mencatat, hilirisasi industri telah berjalan di berbagai sektor, antara lain pertambangan dan perkebunan. Contohnya di Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah, yang sudah berhasil melakukan hilirisasi terhadap nickel ore menjadi stainless steel.

Sebagai gambaran, harga nickel ore kalau dijual hanya sekitar US$ 40-60, sedangkan ketika sudah menjadi stainless steel harganya bisa di atas US$ 2000.
Sementara itu, melalui Kawasan Industri Morowali, sudah mampu menembus nilai ekspornya sebesar USD4 miliar, baik itu pengapalan produk hot rolled coil maupun cold rolled coil ke Amerika Serikat dan China.

Kontribusi Kawasan Industri Morowali, juga diperlihatkan dari capaian investasi yang signfikan, yaitu lebih dari US$ 5 miliar dan jumlah penyerapan tenaga kerja melampaui 30 ribu orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*