Piala Asia Sudah Lewat, STY Masih Simpan Kekecewaan Besar

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) masih menyimpan kekecewaan besar atas hasil yang diraih Skuad Garuda di Piala Asia 2023.

 

Jakarta, CNN Indonesia — Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) masih menyimpan kekecewaan besar atas hasil yang diraih Skuad Garuda di Piala Asia 2023.
Timnas Indonesia menembus fase gugur Piala Asia untuk kali pertama. Selain itu, setelah tampil di ajang kontinental tersebut, Tim Merah Putih juga mengalami kenaikan peringkat dalam daftar ranking FIFA.

Fakta-fakta tersebut tak membuat Shin tenang. Pelatih asal Korea Selatan itu masih belum bisa melupakan kekecewaan yang dirasakan.

“Saya pikir kami bisa melangkah lebih jauh. Saya rasa secara keseluruhan, ini adalah kompetisi yang mengecewakan. Rata-rata umur pemain kami adalah 22,5 tahun. Kami membawa pemain-pemain dari tim yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20, dan rasanya seperti bermain dengan pemain-pemain tim Olimpiade,” jelas Shin dalam wawancara dengan ISPlus.

Selain soal usia, Shin juga menyoroti waktu bersama para pemain yang dirasa belum cukup mematangkan permainan.

“Jika mereka mendapat waktu [bersiap] lebih, mereka akan menunjukkan perbaikan. Para pemain telah menunjukkan, mereka bermain dengan lebih baik dan lebih baik lagi. Saya merasa akan lebih baik jika saya berhasil mencapai perempat final, sangat disayangkan,” tutur sosok yang pernah bermain melawan Timnas Indonesia pada Piala Asia 1996 itu.

Terlepas dari penyesalan yang dirasakannya, Shin mengapresiasi performa pemain yang telah memberikan kontribusi terbaik di atas lapangan saat melawan empat kesebelasan berbeda pada Piala Asia lalu.

“Pemain-pemain kami bermain dengan baik di pertandingan besar. Para pemain juga merasa bangga. Saya bilang ke pemain, ‘Ini adalah kompetisi yang bisa Anda ikuti dengan mudah’,” kata Shin.

“Saya berharap saya bisa lebih sering bermain saat kembali bersama dengan tim saya. Saya bilang, ‘Ayo jadikan kompetisi ini sebagai batu loncatan untuk berlari lebih jauh lagi’,” ucapnya menambahkan.

Setelah Piala Asia 2023 usai, Shin akan menjalani pekerjaan yang tidak kalah menantang lainnya yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia sudah bermain dua kali pada ajang tersebut dengan hasil kalah 1-5 dari Irak dan imbang 1-1 melawan Filipina.

Selanjutnya Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan menghadapi Vietnam pada 21 dan 26 Maret.

“Saya ingin melaju ke babak berikutnya di kualifikasi Piala Dunia 2026 di Amerika Utara dan Tengah,” ujar Shin menyongsong laga bulan depan.

(nva/har)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*