Sebaran Suara Menang dan Kalah Prabowo-Gibran di Real Count KPU

Pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran Rakabuming mendominasi hasil sementara rekapitulasi suara atau real count Pilpres 2024 yang dilakukan KPU.

 

Jakarta, CNN Indonesia — Pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendominasi hasil sementara rekapitulasi suara atau real count Pilpres 2024 yang dilakukan KPU.
Berdasarkan data dalam Sirekap yang dipublikasikan situs KPU pada pukul 14.00 WIB Jumat (16/2), sudah masuk 54,91 persen suara. Terdapat 452.069 TPS dari 823.236 yang datanya telah dicatat.

Dari jumlah itu, pasangan Prabowo-Gibran memiliki persentase suara tertinggi. Mereka memperoleh 57 persen atau 33.526.056 suara.

Dominasi Prabowo-Gibran dalam jumlah suara yang didapatkan sejalan dengan sebaran peta kemenangan di tingkat provinsi. Dari 38 provinsi plus satu zona pemilihan luar negeri, Prabowo-Gibran menguasai 34 wilayah.

Prabowo hanya kalah dari pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Aceh, Sumatera Barat, dan DKI Jakarta. Khusus untuk DKI Jakarta, selisihnya terbilang tipis karena Prabowo mengantongi 925.217 suara sedangkan Anies 927.845 suara.

Kemudian, Prabowo juga hanya tertinggal dari pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di satu zona pemilihan yakni luar negeri. Prabowo ada di peringkat tiga dengan 359.834, Anies di posisi kedua dengan 366.271, dan Ganjar di urutan teratas dengan 439.256.

Namun, Prabowo-Gibran masih terlalu dominan. Mereka unggul di beberapa provinsi seperti di Lampung, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Sulawesi Utara.

Wilayah Prabowo-Gibran Menang
Bali
Banten
Bengkulu
DI Yogyakarta
Gorontalo
Jambi
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Kepulauan Bangka Belitung
Kepulauan Riau
Lampung
Maluku
Maluku Utara
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Papua
Papua Barat
Papua Barat Daya
Papua Selatan
Papua Tengah
Riau
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Utara
Sumatera Selatan
Sumatera Utara
Wilayah Anies-Imin Menang
Aceh
DKI Jakarta
Sumatera Barat
Wilayah Ganjar-Mahfud Menang
1. Luar Negeri

Belum Ada Data
1. Papua Pegunungan

(ikw/bmw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*