Waduh! 8 Negara Ini Paling Boros Listrik Sedunia, RI Ada?

PLN

Listrik menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang di dunia, sebab itu,konsumsi listrik secara global kian menunjukkan meningkat. Bukan tanpa alasan, mengingat listrik merupakan salah satu hal krusial yang selalu dibutuhkan setiap negara.

Ditambah lagi di zaman yang modern ini semuanya serba menggunakan peralatan canggih dengan sumber daya listrik.

Melansir dari laporan Ember Climate yang berjudul Global Electricity tahun 2023 setidaknya ada beberapa negara di dunia yang menjadi negara dengan konsumsi listrik terbesar dunia.

Berdasarkan data di atas China menjadi negara dengan konsumsi listrik terbesar di dunia pada 2022. Konsumsi listrik di Negeri Tirai Bambu mencapai 8.840,4 TWh. Jumlah konsumsi ini tercatat naik 2,5% dibandingkan tahun sebelumnnya.

Peningkatan ini dipicu oleh peningkatan penggunaan pendingin udara akibat gelombang panas. Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Amerika Serikat dengan konsumsi listrik sebesar 4.335,1 TWh.

Bagaimana di Indonesia?

Menurut laporan Kementerian ESDM, konsumsi listrik per kapita Indonesia pada 2022 mencapai 1.173 kWh/kapita. Level konsumsi tersebut naik sekitar 4% dibanding 2021 (year-on-year/yoy), sekaligus menjadi rekor tertinggi baru dalam lima dekade terakhir.

Kementerian ESDM sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendorong konsumsi tersebut, salah satunya dengan mengupayakan aliran listrik bisa menyala 24 jam sehari di seluruh pelosok negeri.

Kementerian ESDM juga menargetkan rasio elektrifikasi nasional mampu mencapai 100% pada 2023. Sampai akhir tahun 2022 rasionya masih 99,63% dengan sekitar 318 ribu rumah tangga belum mendapat akses listrik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*